Microsoft Hadirkan Browser Edge Berbasis Chromium untuk Windows dan macOS

Microsoft telah mengungkapkan niat mereka untuk membangun kembali browser Edge-nya dengan menggunakan platform Chromium. Setahun usai pengumuman, Microsoft akhirnya meresmikan Edge berbasis Chromium.

Sebagian dari Anda mungkin tidak mengetahui soal Chromium. Chromium adalah platform web browser open-source yang dibuat Google dan menjadi dasar browser Chrome-nya.

Jadi bagi pengguna yang menantikan rilis browser Edge berbasis Chromium ada kabar baik. Browser sekarang tersedia untuk diunduh melalui situs web Microsoft, sebagaimana diwartakan Ubergizmo, Jumat (17/1/2020).

Browser Edge berbasis Chromium juga tersedia untuk perangkat macOS jika Anda menjalankan komputer Mac. Untuk pengguna yang mempertimbangkan mengadopsi peramban Edge baru, perhatikan browser itu memiliki fungsionalitas yang sama dengan Chrome.

Misalnya, pengguna dapat menyinkronkan riwayat penelusuran antara beberapa perangkat. Ada juga dukungan ekstensi yang luas, di mana setiap ekstensi yang dapat dijalankan di Chrome bisa digunakan di Edge.

Untuk saat ini Edge baru akan tetap menjadi unduhan opsional untuk pengguna. Kendati demikian, Microsoft diharapkan akan merilis pembaruan Windows 10 yang akan meng-update build Edge saat ini ke versi baru.